MEMORIAL PSN PP

MEMORIAL  “PSN PERISAI PUTIH”

Acara HUT ke-48 “Perguruan Silat Nasional Perisai Putih” 

4 Januari 2015 , di Surabaya.

 

 

Assalamu’alaikum wr. wb   dan   Salam Perguruan……………….

Kepada Keluarga Besar PSN Perisai Putih yang berbahagia…… Renungkanlah hal-hal bersejarah berikut ini:

 

  • Perguruan Silat Nasional PERISAI PUTIH (yang disingkat dengan PSN PERISAI PUTIH) adalah suatu perguruan silat yang berpusat di kota Surabaya – Jawa Timur – Indonesia , yang berdiri secara resmi pada tanggal 1 Januari 1967  di kota Surabaya oleh pendirinya yaitu :

Bpk. R. Ahmad Boestami Barasoebrata.

 

  • Pada awal berdirinya  perguruan ini diberi nama YIUSIKA , lalu karena sesuatu hal namanya diubah menjadi YIUSIKA  PERISAI PUTIH atau lengkapnya bernama :

Sekolah Beladiri Tanpa Senjata YIUSIKA  PERISAI PUTIH”  dan  pada akhirnya nama perguruan ini sekarang menjadi : Perguruan SIlat Nasional PERISAI PUTIH.

 

  • Pada tahun 1973 , oleh IPSI (Ikatan Pencak SIlat Indonesia) perguruan PERISAI PUTIH ini ditetapkan secara resmi sebagai anggota IPSI Pusat dan disebut pula sebagai “Salah satu Top Organisasi IPSI”  melalui keputusan pada Kongres IPSI ke IV tahun 1973 di kota Jakarta.

 

Kemudian oleh IPSI Pusat  dinyatakan pula PSN Perisai Putih sebagai perguruan silat nasional yang termasuk kedalam kelompok “10 (sepuluh) Perguruan Historis”.

 

Keluarga Besar PSN Perisai Putih yang berbahagia……

 

  • Pendiri perguruan ini yaitu Bpk R.A. Boestami Barasoebrata yang sekaligus sebagai Guru Besar PSN Perisai Putih , telah mencetak murid-murid pencak silat cukup banyak  yang diantaranya (sebagai generasi awal & telah berhasil hingga tingkatan pendekar) adalah muridnya yang bernama S.Himantoro dan Imam Sa’nu , serta masih banyak lagi murid-murid pada generasi selanjutnya (diantaranya Asrip Siswono, Yayuk Padmi Rahayu, Soedarno, Yudihari, dll)
  • Guru Besar PSN Perisai Putih ( R.A. Boestami Barasoebrata ) yang lahir pada tgl. 4 Desember 1939 di Sumenep – Madura , pada akhirnya wafat / berpulang ke rahmatulloh pada tgl. 27 Desember 1987 di kota Surabaya – Jawa Timur (dalam usia 48 tahun) dan dimakamkan di TPU Balongsari – Tandes  kota Surabaya.
  • Bpk R.A. Boestami Barasoebrata selaku Guru Besar PSN Perisai Putih telah berhasil menyusun & menetapkan tentang SIstem Pelajaran PSN Perisai Putih yang lengkap dan terpadu, yang terdistribusi secara sistematis kedalam 10 tingkatan yang ada di PSN Perisai Putih.

 

Keluarga Besar PSN Perisai Putih yang berbahagia……

 

  • Dalam usianya yang telah mencapai 48 tahun ini , PSN Perisai Putih selain telah banyak mencetak para pesilat tingkat pelatih serta tingkat pendekar  juga sudah cukup banyak menelorkan pesilat-pesilat berprestasi pada berbagai event eksternal / IPSI (sebagai atlit pesilat tanding OLAHRAGA maupun atlit dalam SENI pencak silat) baik ditingkat kabupaten/ kodya maupun tingkat propinsi serta tingkat nasional bahkan ada yang hingga ditingkat internasional.
  • PSN Perisai Putih adalah perguruan silat yang punya andil besar dalam mensupport PB IPSI, punya asal-usul yang jelas & khas, punya tatanan & mekanisme perguruan yang tertib, punya khasanah keilmuan yang lengkap & bernilai luhur beserta aset-aset perguruannya, dan punya juga banyak murid yang tersebar diberbagai kota di Indonesia dengan berbagai potensinya. 

 

Keluarga Besar PSN Perisai Putih yang berbahagia , lebih khusus lagi Kader-Kader mudanya ……

 

  • Semua anggota PSN Perisai Putih yang masih hidup sekarang ini, adalah merupakan generasi penerus PSN Perisai Putih yang akan terus membawa eksistensi perguruannya serta terus menjalankan/ mengaktifkan berbagai kegiatan di dalam nya.
  • Perguruan telah memberikan pembinaan & keilmuan serta memberi kesempatan berprestasi dan mengenyam pengalaman yang tidak sedikit bagi para pesilatnya, sehingga kita pesilat PSN Perisai Putih mampu memiliki jasmani yang sehat/ tangguh - pikiran yang cerdik/ berwawasan luas – jiwa & mental yang tegar dengan spritiual yang tinggi.
  • Oleh karenanya, mari kita bersyukur atas hal-hal yang telah diperoleh dari PSN Perisai Putih, menghargai jerih payah Guru Besar maupun pelatih & pendekar yang telah mendahului kita, serta menghormati kakak-kakak pesilat yang lebih senior dan menyayangi adik-adik pesilat di bawahnya dalam naungan PSN Perisai Putih.

 

SELAMAT BERKARYA UNTUK  PSN PERISAI PUTIH , UNTUK MASYARAKAT , UNTUK BANGSA DAN NEGARA INDONESIA dengan dilandasi keimanan dan jiwa ksatria.

 

Semoga pertemuan kita di HUT.PSN Perisai Putih ini mendapat berkah dari Allah Tuhan Yang Maha Kuasa  guna menuju kesuksesan yang hakiki. Terima Kasih.

SALAM PERGURUAN…… Wassalamu’alaikum wr. wb.

<<< SELESAI >>>